Keutamaan Sholawat Nariyah Berikut Bacaan Arab dan Artinya

Keutamaan Sholawat Nariyah Berikut Bacaan Arab dan Artinya

  • July 12, 2024

Bagi umat Islam, pembacaan sholawat nariyah merupakan wujud doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang sering dilakukan. Doa ini termasuk ke dalam doa yang sangat populer di Indonesia dan sudah ada sejak lama.

Untuk diketahui, Sholawat Nariyah merupakan sholawat yang diciptakan oleh Syekh Nariyah yang melihat kerja keras Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan dan menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Oleh karena itu, atas dasar itulah Syekh Nariyah menyusun rangkaian sholawat terbaik untuk nabi dalam bentuk sholawat.

Saat itu Syekh Nariyah berdoa kepada Allah SWT untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi Rasulullah SAW. Suatu malam dia membaca doa yang telah disusunnya sebanyak 4444 kali.

Usai membacakan doa, Syekh Nariyah mendapat rahmat Allah SWT atas ditegakkannya doa Nariyah. Saat ini dianjurkan membaca Sholawat Nariyah pada usia menunaikan shalat wajib.

Sholawat nariyah juga sering dilantunkan sebagai amalan untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. Oleh karena itu, umat Islam sering kali melantunkan sholawat ini untuk berdoa dan berdoa kepada Nabi Muhammad SAW agar terhindar dari kejahatan dan bencana.

Selain itu, membaca doa nariyah juga merupakan wujud rasa cinta, hormat dan kekaguman kepada Nabi. Padahal, keutamaan shalat nariyah juga cukup beragam dan sayang sekali jika umat Islam melewatkannya.

Aktivitas shalat sendiri pada umumnya dilakukan oleh umat Islam dengan pujian dan doa yang bernilai pahala. Bahkan dalam surat Al Ahzab ayat 56 disebutkan bahwa kegiatan shalat tidak hanya dilakukan oleh manusia tetapi juga oleh malaikat.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُike تَسْلِيْمًا

Itu berarti: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berdoa untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berdoalah untuk Nabi dan sambut dia dengan penuh hormat,” (QS Al Ahzab : 56).