KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul. (Kesuksesan adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh kebanyakan orang. Standar kesuksesan setiap orang tentu saja berbeda-beda.

Ada yang bilang kalau pikiran sudah terpuaskan maka bisa dikatakan sukses. Namun, ada juga yang menjadikan karier dan materi sebagai standar utama kesuksesan.

Bagi orang tua muslim yang taat, membesarkan anak hingga tumbuh menjadi orang yang shaleh/bertaqwa merupakan suatu keberhasilan di dunia dan akhirat. Karena ketika meninggal, doa anaknya akan terus mengalir.

Jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah. Selalu ada tantangan yang harus dihadapi, besar atau kecil. Masalah yang selalu datang justru menjadi ujian bagi mereka yang sedang berada di jalan menuju kesuksesan.

Kegagalan seringkali terjadi sebelum kesuksesan tercapai. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Hal ini menjadi dorongan untuk mengevaluasi, melihat apa yang telah dilakukan dan memperbaikinya.

Ulama kharismatik nusantara mendiang KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul mengungkap dua penyebab yang juga menjadi kunci sukses. Apa saja kunci sukses menurut ulama khumul?