Komunitas bengkel memberikan pelayanan gratis bagi jemaah Haul Guru Sekumpul

Komunitas bengkel memberikan pelayanan gratis bagi jemaah Haul Guru Sekumpul

  • July 25, 2024

Komunitas bengkel gotong royong memberikan servis sepeda motor gratis pada Haul Jemaah ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu.

Komunitas Bengkel Pelayanan Gratis membuka posko di Jalan A Yani km20 di Liang Anggang Kota Banjarbaru.

“Sejak tahun 2014, kami telah membuka bengkel sepeda motor gratis di sini setiap kali Abah Guru Sekumpul beroperasi,” kata Ali.

Tahun ini, kata Ali, layanan sepeda motor gratis diberikan untuk seluruh perbaikan kendaraan bermotor roda dua, mulai dari perbaikan ban, kolaborasi dan lain-lain.

“Jangan membongkar mesinnya,” katanya.

Ganti ban sepeda motor pun, kata Ali, tidak dipungut biaya.

“Kalau ganti oli ada subsidinya,” ujarnya.

Sejak kemarin hingga Minggu siang ini, ratusan sepeda motor melintas untuk diperbaiki.

“Kami berharap mendapat keberkahan, seluruh jamaah sampai tujuan dengan selamat dan juga pulang kampung,” ujarnya.

Guru Sekumpul diketahui merupakan seorang ulama karismatik yang wafat pada tanggal 5 Rajab 1426 H atau 10 Agustus 2005 dan dimakamkan di Kecamatan Sekumpul Martapura di depan Masjid Ar Raudhah atau tempat berkumpulnya taklim.

Haul Abah Guru Sekumpul sangat fenomenal karena dihadiri oleh ratusan ribu bahkan lebih dari satu juta umat yang datang dari berbagai pelosok tanah air.

Dalam perjalanannya, banyak dermawan yang membagikan makanan gratis, serta tempat istirahat jamaah.

Sebelumnya, Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat menyatakan, Polres Banjar dibantu Polda Kalsel mengerahkan 1.400 personel untuk mengamankan transportasi ulama kharismatik asal Kalsel yang setiap tahunnya dihadiri jutaan umat.

Kemudian 20 ribu relawan dan instansi terkait membantu mendukung terorganisasinya jamaah dengan baik pada puncak wisata yang digelar Minggu (14/1) malam usai salat Maghrib.

Komunitas Bengkel Sepeda Motor Kapuas Kalimantan Tengah membuka layanan sepeda motor gratis bagi jemaah Haul Guru Sekumpul ke-19 pada Minggu (14/1/2024) di Jalan A Yani Kilometer 20 Liang Anggang, Kota Banjarbaru. (ANTARA/Sukarli)