7 Teks Sholawat Maulid Nabi yang bisa diamalkan

7 Teks Sholawat Maulid Nabi yang bisa diamalkan

  • July 27, 2024

Islam menganjurkan umat Islam untuk berdoa kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan saat memasuki bulan Rabiul Awal. Karena bulan ini adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Ini sebuah teks doa Maulid Nabi bisa diamalkan dengan membacanya setelah menunaikan shalat wajib, atau dengan menyenandungkannya saat beraktivitas umat Islam.

Tanggal Nahdlatul Ulama (NU)Sholat khususnya di bulan Maulid merupakan amalan sunnah yang mendatangkan pahala.

Sebab, doa merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat Islam.

Padahal, perintah salat kepada Nabi SAW tertuang dalam Al-Qur’an, tepatnya pada ayat 56 Surat Al Ahzab berikut ini.

Artinya : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, berdoalah kepada Nabi dan ucapkan salam hormat kepadanya.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan hal tersebut sebagaimana tercantum dalam hadits riwayat Ahmad berikut ini.

” َلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّهَا زَكَُوا Shalawat dan berkah Allah besertanya ْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَاهُوَ

Artinya : Doakanlah aku, karena doamu akan menghapuskan dosa-dosamu dan mohon kepada Allah keselamatan bagiku, karena inilah derajat surga tertinggi yang tidak dapat diperoleh kecuali oleh manusia, dan aku berharap orang itu adalah aku.

Keutamaan membaca sholawat Nabi

Di bawah ini beberapa manfaat membaca sholawat Nabi.

  1. Setiap kali dia shalat satu kali, Allah mendoakannya 10 kali.
  2. Allah meninggikan derajat orang yang shalat 10 waktu, memberikan 10 keutamaan, menghilangkan 10 keburukan dan membebaskannya dari kemunafikan.
  3. Dapatkan tempat paling penting bersama Rasulullah di hari kiamat.
  4. Mendapatkan tempat di surga bersama para syuhada dan jauh dari api neraka.
  5. Mendapatkan syafaat nabi di hari kiamat jika membaca doa 10 kali pada pagi dan sore hari. Jika Anda membacanya tiga kali siang dan malam, Anda akan menerima pengampunan dosa selama satu hari satu malam.
  6. Dapatkan berkah dalam segala hal penting dan lindungi diri Anda dari masalah.
  7. Sebagai zakat atau penyucian dosa bagi orang yang tidak wajib mengeluarkan zakat dan tidak mempunyai harta berlebih.

Teks Sholawat Maulid Nabi

Berikut tujuh teks doa Maulid Nabi yang bisa diamalkan setelah shalat Fardu atau di tengah aktivitas umat Islam. Umat ​​Islam boleh membaca sholawat sebanyak-banyaknya.

1. Sholawat Ta’dzhimul Qiyam

Jika Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki

Allahumma Shalli ‘ala Muhammadin wa’ala Analisa wa sallim.

Artinya: Ya Allah, berikan kesejahteraan dan keamanan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

2. Sholawat Khawwasher

Artinya: Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW.

3. Sholawat Bani Hasyim

Allahumma shalli ‘alán-nabiyil håsyimiyyi Muhammadin wa’alaalihi wa sallim tasliman.

Artinya: Ya Allah, limpahkan rahmat dan salam kepada nabi keturunan bangsawan Hasyim maksudnya Muhammad dan keluarganya, semoga diberi keselamatan dan kesejahteraan.

4. Sholawat Ma’tsuroh

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَorousl Sedangkan سَـيِّةدِنَ fixta وَصَحْبِهِ وَلم

Allahumma shalli alaa Muhammadinin ‘abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa’alaa aalihii wa sallim.

Artinya: Ya Allah, kasihanilah junjungan kami nabi Muhammad, hamba-Mu, nabi-Mu, dan rasul ummi-Mu, dan kasihanilah keluarga dan sahabatnya, salam juga kepada mereka.

5. Doa Ibrahimiyah

Allahumma shali ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima, wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima’ aalamiina innaka hamiidun tidak.

Artinya: Ya Allah, kasihanilah Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah menyayangi Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Shalawat jugalah kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana kalian telah memberikan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta kamulah yang paling terpuji dan paling mulia.

6. Sholawat Nuril Anwar

Allahumma shalli ‘alaa nuuril anwaari wasirril asraari, watiryaaqil aghyaari qamiftaahi baabil yasaari, sayyidinaa wamaulaana Muhammadinil muhtaari qa aalihil ath haari wa ash haabihil ahyaari ‘adada ni’amillaahi wa ifdhaalih.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah cahaya segala cahaya, di balik layar segala rahasia, penawar kesedihan dan kegalauan, terbukanya pintu kemudahan yaitu Tuhan kami, nabi pilihan Muhammad, keluarga sucinya , dan para sahabatnya yang mulia, menghitunglah nikmat Yang Maha Kuasa dan karunia-karunia-Nya.

7. Sholawat Nariyah

Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salamaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul wahiliaji wahilami a wahilamii’ hii wa shohbi hi fii kulli lamhatin wa nafas bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga segala macam keberkahan melenyapkan segala permasalahan, terkabulnya segala macam keinginan dan tercapainya segala macam keinginan serta husnul khotimah.

Air hujan (rahmat) tercurah dengan nikmat pribadi-Nya yang mulia. Semoga rahmat dan salam sempurna juga terus tercurah kepada keluarga dan sahabat anda, di setiap kedipan mata dan nafas anda, sebanyak yang anda ketahui.

Itulah tujuh teks doa Maulid Nabi yang bisa diamalkan. Saya harap ini bermanfaat.