Doa Asyghil bergema di JIS, ini prioritasnya

Doa Asyghil bergema di JIS, ini prioritasnya

  • June 24, 2024

Ribuan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin (AMIN) yang datang ke kampanye besar AMIN di Jakarta International Stadium (JIS) bersama-sama melantunkan lantunan salawat Asyghil.

Pembacaan sambutan panitia Seleksi AMIN dikumandangkan mulai pukul 06.00 WIB. Selawat Asyghil ini kerap dibacakan Anies Baswedan dalam beberapa kesempatan, misalnya di akhir pernyataan Anies-Muhaimin pada 2 September 2023. Sementara itu, berikut bacaan doa Asyghill dan keutamaannya.

Keutamaan membaca Shalawat

Selawat merupakan doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wujud ibadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, membaca selawat merupakan wujud kecintaan umat Islam terhadap Nabi dan Rasulnya. Banyak doa yang bisa diamalkan, salah satunya adalah Sholawat Nahdliyah.

Anjuran membaca shalat telah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56. Dalam ayat tersebut Allah SWT berfirman:

Doa Asyghil bergema di JIS, ini prioritasnya
Innallah wa mala`ikatahu yusalluna ‘alan-nabiyy, ja ayyuhallazina amanu sallu ‘alaihi wa sallimu taslima

 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, doakanlah Nabi dan ucapkan salam hormat kepadanya.”

Bacaan Shalawat Asyghil

Doa Asyghil ini merupakan doa yang sangat populer dan sering dibacakan pada saat acara istighosah dan tahlil. Berikut bacaan Shalawat Asyghil :
Doa Asyghil bergema di JIS, ini prioritasnya

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin Wa Akhrij-na min Bainihim Saalimin, wa Ala Aalihi wa shahbihi Ajmain

Artinya : “Ya Allah, berkahilah pemimpin kami, Nabi Muhammad SAW, dan jadikanlah orang-orang yang berbuat jahat itu sibuk agar mereka mendapat keburukan dari orang-orang yang berbuat jahat lainnya, peliharalah kami dari keburukan mereka. Dan berikanlah keberkahan kepada seluruh keluarga dan sahabatnya.