Berlatihlah hari ini! Simak 10 Sunah Jumat yang bisa Anda lakukan

Berlatihlah hari ini! Simak 10 Sunah Jumat yang bisa Anda lakukan

  • August 19, 2024

Jumat adalah hari istimewa bagi umat Islam. Hal ini disebabkan oleh berbagai keutamaan yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Barangsiapa yang mengisi hari Jumat dengan berbagai amal shaleh, maka ia bukanlah suatu kaum yang sesat.

Hari Jumat seperti hari ini 21 Juni 2024 menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk menjalankan amalan sunah. Kesempatan mendapat pahala yang melimpah, ampunan dosa dan terkabulnya doa karena hari Jumat merupakan salah satu waktu efektif untuk berdoa.

Sholat Jumat bagi laki-laki juga dilakukan hanya pada hari ini dan merupakan kewajiban dalam ajaran Islam. Keistimewaan tersebut menjadikan hari Jumat sebagai hari yang sangat mulia dan dihormati.

Bagi Anda yang berniat mengamalkan sunnah di hari Jumat, berikut daftar sunnah yang bisa Anda lakukan.

1. Baca Surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang dianjurkan dibaca pada hari Jumat adalah surat Al Kahfi. Orang yang membaca surat ini akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sebagaimana disebutkan dalam hadits asli Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْرَ آيَاتٍ مِنْ أَو َّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عَعمَ َّالِ

Artinya: “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama Surat Al-Kahfi maka akan terhindar dari Dajjal (fitnah).” (HR Muslim).

Sedangkan dalam hadits lain dianjurkan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَّهُ عَسُولُ اللَّهِ الْجُمَةِ , SAَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ َسَمَ ََِمَس ُ مَ ا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Dari Ibnu Umar, yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan terbit baginya dari telapak kakinya ke langit yang akan memberinya lebih banyak cahaya di akhir hari. hari kebangkitan, dan diampuni segala dosanya di antara dua hari Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi).

2. Memperbanyak doa kepada Nabi Muhammad SAW

Sholawat adalah amalan yang mulia. Dalam berbagai hadis dikatakan bahwa doa adalah penolong baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits:

Jika Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki

Artinya : “Perbanyaklah shalat kepadaku pada malam Jum’at dan pada hari Jum’at, barang siapa yang mendoakanku satu kali maka Allah akan mendoakannya 10 kali,” (HR Baihaqi).

3. Mandi hari Jumat

Pada hari Jumat berikutnya mandi sunah. Mandi pada hari Jum’at dianjurkan bagi laki-laki yang ingin menunaikan shalat Jumat. Diriwayatkan dalam hadits yang berasal dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda:

Bagaimana cara menangani masalah ini dan apa yang harus dilakukan

Artinya: “Barangsiapa yang datang shalat Jumat, baik laki-laki maupun perempuan, wajib mandi.” (HR Ibnu Hibban).

4. Memakai parfum untuk shalat Jumat

Jumat adalah hari libur bagi umat Islam. Dalam sebuah kisah Ibnu Majah, sebagaimana disebutkan dalam kitabnya Iqamat Ash-Salat wa As-Sunnatu fiha, karya Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya hari ini (Jumat) adalah hari raya yang Allah tetapkan bagi umat Islam. Maka barangsiapa hendak berangkat salat Jumat hendaknya mandi, memakai wewangian jika ada, dan menggunakan siwak.” (HR Ibnu Majah dan At-Thabrani. Hasankan Al-Albani dalam Sahih Al-Jami’).

Anjuran memakai pakaian yang bagus (terbaik) juga disebutkan dalam QS. Al-Araf ayat 31. Allah SWT berfirman sebagai berikut:

۞ يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتient الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ – ٣١

Arab Latin: Yā banī ādama khużụ zīnatakum ‘inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabı wa lā tusrifụ, innaḥ lā yuḥibbul-musrifīn

Artinya: “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang nyaman setiap kali kamu (memasuki) masjid, makan dan minum, namun jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang melebihi”.

5. Siwak, potong kuku dan cukur kumis

Sunah Jumat lainnya antara lain bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis. Sunnah ini dianjurkan bagi pria yang ingin menunaikan shalat Jumat.

Dalam hadits riwayat Baihaqi dan At-Thabrani, Rasulullah SAW selalu mengenakan siwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat, tepatnya sebelum berangkat ke masjid.

Facebook

Artinya: “Rasulullah memotong kukunya dan mencukur kumisnya pada hari Jumat sebelum berangkat shalat Jumat.” (HR Baihaqi dan At-Thabrani)

6. Berangkat lebih awal untuk salat Jumat

Pergi ke masjid untuk salat Jumat dan berada di barisan depan memiliki beberapa keuntungan. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa orang yang berangkat lebih awal ibarat berkurban dengan unta. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

مَã الثَّاρb ةِ قَرَّuss est

Artinya: “Barangsiapa yang keluar pada hari Jumat di awal waktu, maka ia seperti berkurban dengan unta. Siapa yang keluar pada hari Jumat untuk kedua kalinya, maka ia seperti berkurban dengan seekor sapi. Siapa yang keluar pada hari Jumat untuk ketiga kalinya, maka ibarat berkurban dengan kambing liar bertanduk yang keluar pada hari Jumat untuk keempat kalinya, ibarat berkurban dengan ayam untuk kelima kalinya, ibarat berkurban dengan telur.(HR Bukhari dan Muslim).

7. Sholat Jumat Qobliyah

Salah satu amalan sunnah yang boleh dilakukan seorang muslim di hari jumat adalah shalat jumat qobliyah. Ibadah ini dianjurkan untuk menggantikan shalat zuhur yang biasanya dilakukan sebelum shalat zuhur.

Mengutip buku “Panduan Sholat Sunnah Lengkap” karya KH. Muhammad Sholikhin, shalat qobliyah Jumat dapat dilakukan dua atau empat rakaat seperti halnya shalat qobliyah sunnah siang dilakukan.

Sholat Jum’at qobliyah merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat Jumat dan dilakukan minimal dua rakaat.

8. Perbanyak dzikir dan doa

Pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk mengingat Allah SWT dan memperbanyak shalat. Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa hari Jumat adalah waktu shalat yang efektif.

يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثْنogrES dengan عَشْرَةə سَعَةً لَ يُوجَدُ ُوج murah اُوُُُُفوُُُُفوجوجوجوجوجوجوجوج ُAN لْ عَصْرِ

Artinya: “Pada hari Jum’at ada dua belas jam (siang hari), diantara waktu tersebut tidak ada seorangpun hamba muslim yang meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Maka carilah dia di akhir waktu setelah ‘Ashar .” (HR Abu Daud).

9. Membaca surat Yasin dan As-Saffat

Selain surat Al Kahfi, dianjurkan juga membaca surat Yasin dan surat As-Saffat pada malam Jumat. Dalam salah satu kisah disebutkan bahwa membaca kedua surat ini pada malam Jumat akan membuat Allah SAW mengabulkan permintaan Anda.

Facebook

Artinya: “Barangsiapa membacakan surat Yasin dan as-Saffat pada malam Jumat, maka Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud).

10. Perbanyaklah bersedekah

Ibnul Qoyyim dalam buku Panduan Amalan Jum’at karya Mahmudin, mengatakan: “Sedekah di hari Jumat dibandingkan dengan sedekah di hari lain, ibarat sedekah di bulan Ramadhan.”

Sebagai salah satu amalan sunnah hari Jumat, orang yang bersedekah mendapat pahala ganda dari Allah SWT. Jawaban ini tercatat dalam QS Al Hadid ayat 18:

Alhamdulillah قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِي ْمَرِي ْمَرٌ

Arab Latin: Innal-muṣṣaddiqīna wal-muṣṣaddiqāti wa aqraḍullāha qarḍan ḥasanay yuḍā’afu lahum wa lahum ajrung karīm

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang memberi sedekah, laki-laki dan perempuan, dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka kepadanya akan dilipatgandakan (pengembaliannya) dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

Inilah daftar sunah jumat yang bisa Anda amalkan hari ini. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dalam beramal shaleh. Semoga ini bisa membantu!