Bacaan Doa Jibril Singkat yang bisa diamalkan di hari Jum’at

Bacaan Doa Jibril Singkat yang bisa diamalkan di hari Jum’at

  • August 24, 2024

Umat ​​Islam dapat mengamalkan bacaan Shiolawat Jibril pendek setiap hari jumat atau malam jumat. Bacaan ini bisa menjadi pengantar sebelum membaca doa.

Anjuran membaca sholawat Nabi dijelaskan langsung dalam Al-Qur’an. Salah satunya terdapat dalam surat Al Ahzab ayat 56,

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ وَلمي

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, doakanlah Nabi.

Menurut Ulama Syekh Ali Jaber, pembacaan sholawat Jibril bisa dibaca seratus kali sebelum salat. Selain itu, bacaan sholat Jibril juga bisa dibarengi dengan sholat Ibrahimiyah sepuluh waktu.

“Diawali dengan salat Ibrahimiyah sepuluh waktu, lalu membaca salat Jibril,” ujarnya, dikutip dari arsip detikcom, Jumat (23/6/2022).

Namun Syekh Ali Jaber mengingatkan, sebenarnya jumlah doa yang dibaca tidak dibatasi. Namun yang harus kita ingat adalah jumlah doa yang kita panjatkan akan berlipat sepuluh kali lipat atas karunia Allah SWT.

Bacaan Singkat Sholawat Jibril Bahasa Arab Latin dan Artinya

Jika Allah menghendaki ِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Bacaan Latin : Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

Artinya: “Ya Allah, karuniakanlah kesejahteraan dan keamanan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya serta sambutlah beliau dengan penuh hormat.”

Syekh Ali Jaber menjelaskan, bacaan sholawat Jibril bisa diterapkan oleh umat Islam sebagai pengantar salat. Sebab menurutnya, shalat merupakan salah satu kunci tercapainya keinginan yang dikabulkan Allah SWT, apalagi jika diamalkan pada malam Jumat atau Jumat.

“Dan semakin banyak kita memanjatkan doa kepada rasul, khususnya pada malam jumat dan jum’at, maka semakin terjamin pengampunan dosa kita, terangkatnya permasalahan kita, terbayarnya utang-utang kita, dan mampu menjadi syafaat kepada Nabi Muhammad SAW. MELIHAT”, katanya.

Melalui salah satu haditsnya, Rasulullah SAW sendiri pernah menjanjikan syafaat di hari akhir bagi orang-orang yang selalu mendoakannya. Berikut hadisnya:

Jika Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki, Tuhan menghendaki لَةً

Artinya: “Orang yang paling berhak menjadi syafaatku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak mendoakanku.” (HR Tirmidzi)

M. Syukron Maksum dan A Fathoni el Kaysi dalam bukunya Rahasia Sehat Berkah dan Shalawat Ditambahkannya, doa Jibril yang dibaca sebanyak lima ratus kali dan dibacakan sebanyak seratus kali pada pagi dan sore hari, bisa menjadi dzikir untuk meminta kelancaran penghidupan.