Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap Beserta Latin dan Artinya

  • June 18, 2024

Jumat adalah hari besar bagi umat Islam. Oleh karena itu, dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah pada hari tersebut.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan di hari Jumat adalah memperbanyak shalat. Banyak manfaat membaca doa di hari Jumat.

Mengutip dari NU Online, Syekh Syihabuddin bin Salamah Al-Qulyuby dalam kitab Nawadirul Hikayah riwayat Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“Barangsiapa yang mendoakanku sebanyak 100 kali pada hari Jum’at, maka Allah akan mengabulkannya 100 permintaan (kebutuhan), dimana 70 dari kebutuhan akhirat dan 30 dari kebutuhan duniawi. Dan Allah menitipkan doa-doa tersebut kepada para malaikat untuk menyampaikannya. di dalam kuburku, sebagai (cahaya) penuntun yang datang kepadamu sekalian, dan malaikat itu memberitahukan kepadaku namanya, lalu aku baringkan dia di sampingku dalam sebuah kain putih bersih, dan dengan restunya, hal itu akan aku penuhi (syafaat) kelak pada hari kiamat.”

 

Sebuah hadits riwayat Imam Al Baihaqi meriwayatkan bahwa Rasullullah bersabda:

“Bacakanlah lebih banyak doa untukku setiap hari Jumat, karena doa umatku diterima olehku setiap hari Jumat. Siapa di antara kalian yang membacakan lebih banyak doa untukku, dialah orang yang dekat denganku.” (HR Al Baihaqi)

Banyak doa yang bisa dibaca di hari Jumat, salah satunya Sholaway Ibrahimiyah.

Sholawat Ibrahimiyah dapat dibaca minimal 5 kali pada siang dan malam hari, tepatnya pada setiap akhir shalat. Bunyi doa ibrahimiyah adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعلَى آلِ مُحَمَّدٍ كيمَّدٍ كيمَّدٍ كمَّدٍ َلَى علِ مُحَمَّدٍ كما بَارْتَ عَلَى آبْرَاهِيمَ وَعلَى آلار كْت َ عَلَى

Allahumma shali ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa Shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima, wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin mengatakan wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima’ ahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya: “Ya Allah, kasihanilah Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Muhammad, karena Engkau telah melimpahkan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkaulah yang paling terpuji dan paling mulia.”