8 Amalan Bulan Rabiul Awal 2024 Kumpulan Doa Anjuran Lengkap

  • September 11, 2024

Umat ​​Islam akan memasuki bulan Rabiul Awal 1446 pada tanggal 5 September 2024. Menyambut bulan ini, hendaknya umat Islam mengetahui amalan-amalan yang dianjurkan agar dapat menuai pahala.

Bulan Rabiul Awal sendiri merupakan bulan ketiga dalam penanggalan Hijriah. Mengutip buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun karya Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, Rabiul Awal bisa diartikan sebagai mata air pertama. Sebab, pada bulan ini umat Islam biasanya menyambut datangnya musim semi. Bulan Rabiul Awal yang sama sebelumnya mempunyai nama lain yakni Khawwan.

Rabiul Awal merupakan bulan istimewa bagi umat Islam. Hal ini dikarenakan Rabiul Awal merupakan bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW yaitu hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Setiap tanggal 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah, umat Islam yang mayoritas penduduknya beragama Islam biasanya memperingati Maulid Nabi.

Tak hanya memperingati Maulid Nabi, ada sejumlah amalan dan doa yang dianjurkan untuk diamalkan selama bulan Rabiul Awal. Di bawah ini detikSulsel sajikan daftar amalan lengkap beserta kalimat anjurannya.

Amalan bulan Rabiul Awal

Ada beberapa praktik yang direkomendasikan bulan ini. Mulai dari puasa sunnah hingga memperbanyak shalat. Yuk, simak ulasan rangkuman buku kalender ibadah sepanjang tahun berikut ini.

1. Sunnah puasa tanggal 1 Rabiul Awal

Umat ​​Islam dianjurkan mengawali bulan Rabiul Awal dengan menjalankan puasa Sunnah. Sebagian ulama mengatakan bahwa puasa di awal bulan Rabiul Awal disunnahkan sebagai bentuk penghormatan terhadap bulan yang penuh berkah ini.

2. Memperbanyak salat kepada Nabi Muhammad SAW

Telah dijelaskan di atas bahwa Rabiul Awal adalah bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Sejalan dengan hal tersebut, disunnahkan bagi setiap umat Islam untuk memperbanyak salat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Beberapa bacaan doa yang bisa diamalkan antara lain:

tuhan memberkati

Arab Latin: Allahumma shalli alaa muhammad wa’alaa aali Muhammad.

Artinya: “Ya Allah, sejahtera bagi Muhammad dan keluarganya.”

Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Esa ِي إِبْرَاهِيمَ

Arab Latin: Allahumma shali ‘alaa muhammad wa’alaa aali muhammad, kamaa mustaita ‘alaa ibraahiim. Wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarakta ‘alaa aali ibraahiim, fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau selamatkan Ibrahim dan keluarganya. Berilah keberkahan kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau memberi keberkahan kepada keluarga Ibrahim.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلَةً كَام di atas تَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتَُُُ َتُ مَا مُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ عد ded

Arab Latin: Allahumma shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidinaa muhammadinilladzii tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawa-iju, wa tunaalu bihir raghaa-ibu, wa husnul khamadinilladzii tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawa-iju, wa tunaalu bihir raghaa-ibu, wa husnul khamuarii bihil’, beralih , wa shahbihi ‘adada kulli ma’luumin lak.

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat dan salam yang sempurna kepada raja kami Muhammad, yang bersamanya terbebas dari perbudakan (kesusahan) dan terbebas dari kesukaran. Bersamanya pula terkabullah keinginan-keinginan dan diperoleh segala keinginan baik dan kematian, serta diberikannya hujan (kebahagiaan) kepada orang yang bersedih dengan wajah mulianya dan juga kepada keluarganya, kepada sahabat-sahabatnya, dengan segala ilmu yang kamu miliki”.

3. Bersedekah

Amalan adalah amalan yang bisa dilakukan kapan saja. Amalan ini juga dianjurkan untuk dilakukan di bulan mulia ini.

Bersedekah merupakan salah satu cara untuk memperingati bulan Rabiul Awal. Yaitu dengan memberikan kebaikan dan membahagiakan umat Islam lainnya.

4. Puasa tanggal 12 Rabiul Awal

Selain hari ke-1, umat Islam juga disarankan untuk menjalankan puasa sunnah pada hari ke-12 Rabiul Awal. Mengenai puasa tanggal 12 Rabiul Awal, sebagian ulama berpendapat pahalanya seperti puasa setahun.

5. Berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW

Amalan lain yang dianjurkan di bulan Rabiul Awal adalah ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Madinah. Jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda bisa melakukannya dengan membaca doa dan doa.

6. Melaksanakan shalat sunnah

Ibadah lain yang dianjurkan adalah melaksanakan shalat sunnah. Sholat sunah Rabiul Awal dilaksanakan dalam dua rakaat. Sholat ini dilakukan pada sore hari dengan membaca Surat Al-Fatihah dan kemudian Surat Al-Qadar sebanyak 10 kali.

7. Puasa Sunnah Lainnya

Masih ada puasa sunah lainnya yang dianjurkan untuk diamalkan di bulan Rabiul Awal. Puasa Sunnah yang dimaksud adalah puasa Senin sampai Kamis dan puasa Ayyamul Bidh di pertengahan bulan, tepatnya tanggal 13, 14, dan 15.

8. Memperbanyak ibadah lainnya

Bulan ini dianjurkan untuk lebih giat menjalankan ibadah lainnya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dapat dicapai dengan melaksanakan shalat rutin dan harian lainnya, misalnya membaca Al-Qur’an, shalat Dhuha, Tahajjud, Witir, shalat taubat dan ibadah-ibadah lainnya.

Kumpulan doa yang dianjurkan untuk dibaca di bulan Rabiul Awal

Mengutip buku Doa dan Zikir Sepanjang Tahun karya H Hamdan Hamaedan MA, bulan Rabiul Awal mempunyai makna simbolis, yakni melambangkan datangnya kebahagiaan, musim semi, setelah musim dingin yang kelam. Karena di bulan ini Allah SWT mendatangkan hamba-Nya yang paling sempurna dan paling mulia ke dunia.

Mengenai hal ini, Habib Umar bin Hafiz berkata: “Ketika bulan Rabiul Awal tiba, bukalah hatimu untuk menerima pancaran ketuhanan dan mendekatkan diri kepada-Nya dan Kekasih-Nya (Rasulullah).” Oleh karena itu, tidak heran jika para ulama banyak memanjatkan doa-doa yang mengandung rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya di bulan ini.

Nah berikut ini kumpulan doa-doa yang dianjurkan yang dirangkum dari buku Doa dan Zikir Sepanjang Tahun:

1. Doa Memohon Kasih Tuhan

Setelah Rasulullah bertemu Allah SWT dalam mimpinya, beliau mengajarkan doa kepada Muadz bin Jabal. Nabi juga berpesan kepada Muadz bahwa: “Sesungguhnya ini (doa ini) yang shaleh, maka pelajarilah (hafalnya) dan perdalamlah.” Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Inilah kata-kata doanya:

Jika Allah menghendaki بَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ.

Arab Latin: Allahumma innii as-aluka hubbaka, wa hubba man yuhib- buka, wa hubba ‘amalin yuqarribu ilaa hubbika.

2. Doa kedekatan dan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang juga terkenal sebagai penulis Kitab Maulid Simtud Durar mengajarkan doa puitis yang bisa dibacakan di bulan Rabiul Awal. Doa ini berisi permohonan kedekatan dengan Allah dan Rasul-Nya.

Berikut bacaan doanya:

Dalam Uss قَةِ Hadir تَوْفِيقِكَ لِي فَوَفَقْنِي. Tuhan memberkati Anda َا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ.

Arab Latin: mustafa. Wajma’ bainii wa bainahu fii haadzihid daari wa fii tilkad daari jahrann wa khafaa. Allaahumaj’al lii hazhzhan waafiran min hubbika wa hubbihi wa sahman kaamilan min qurbika wa qurbihi. Allahumma inna qalbii yadda’ii hubbaka wa ruuhii tasytaaqu qurbaka faj’al lid-da’wati haqiiqati was-luk bii fii qurbika aqwama thariiqati. Allaahumma innaka ja’altal ‘alaamata ‘alaa hubbikat-tibaa’a habiibika wa laa thaaqata lii ‘alaa dzaalika illaa bi-taufiiqika lii fa-waffiqnii. Allahumma li-dzaalika la-akuuna min muhibbiina laka haqiiqatan yaa arhamar raahimiin.

Artinya: Ya Allah, dekatkan jarak antara aku dan kekasih pilihanmu, dan satukan kami lahir dan batin di dunia dan akhirat (kehidupan akhirat). Ya Allah, beri aku kesempatan untuk mendapatkan cintamu dan juga cinta kekasihmu. Bimbing aku untuk selalu dekat denganmu dan kekasihmu. Ya Allah, hatiku berkata aku mencintaimu dan jiwaku rindu berada di dekatmu, jadikanlah doa hamba ini terkabul dan izinkan aku mengambil jalan terbaik untuk mencapai kedekatan ini. Ya Allah, Engkau telah menjadikan mengikuti kekasih-Mu sebagai tanda cintamu kepada-Mu dan aku tidak mampu melakukannya tanpa rahmat-Mu. Jadi izinkan aku mengikutinya, agar aku bisa menjadi seseorang yang benar-benar mencintaimu. Engkau adalah Makhluk Yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Demikian ulasan amalan bulan Rabiul Awal, beserta kumpulan doa-doa yang dianjurkan. Semoga membantu ya,