4 Doa Rebo Wekasan yang bisa diamalkan umat Islam mulai malam ini

  • September 11, 2024

Sebagian masyarakat Islam Jawa masih mengamalkan salat Rebo Wekasan. Doa ini dibacakan pada hari Rabu terakhir bulan Safar atau Sapar, yaitu bulan kedua penanggalan Hijriah dan Jawa.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kementerian Agama, tahun ini Rebo Wekasan jatuh pada Selasa, 3 September 2024 malam. Peringatan ini dilakukan pada Selasa malam karena pergantian tanggal atau hari pada penanggalan Jawa dan Hijriah terjadi bersamaan dengan terbitnya bulan. Oleh karena itu, Selasa malam setelah matahari terbenam sudah menjadi hari Rabu.

Menurut Ainun Lathifah dalam bukunya Warisan Ulama IndonesiaRitual sembahyang yang dilakukan di Rebo Wekasan bertujuan untuk menangkal bala. Lalu doa apa saja yang bisa kita amalkan mulai malam ini? Yuk simak bacaan doanya di bawah ini ya Lur!

Doa Rebo Wekasan #1

Pertama, inilah bacaan doa Rebo Wekasan yang terdapat dalam kitab tersebut Kumpulan Doa, Dzikir dan Sholawat Al-Khoirot oleh A Fatih Syuhud.

AR ى وَنِ idedi تَ Aravocsse adhesi علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَesheureى آل di atas.

Alhamdulillah lillâhi rabbil ‘âlamîn wa Shallâllâhu ta’âlâ ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam. Allâhumma yâ syadîdal-quwâ wa yâ syadîdal-mihâl, yâ ‘azîzu yâ man dzallat li ‘izzatika jamî’a khalqika, ikfinî min syarri jamî’a khalqika yâ muhsin, yâ mujammil, yâ mutafadhil, yâ mun’im, yâ mukrim, yâ mukrim rumah lâilâha illâ anta, bi rahmatika yâ arhamar râhimîn. Allâhumma bi sirril-hasani wa akhîhi wa jaddihi wa abîhi wa ummihi, ikfinî syarra hâdzâl yaumi wa mâ yunzalu fîhi yâ kâfî fasayakfîkahumullâhu wa huwa as-samî’ul-‘alîm. Wa hasbunallâhu wa ni’mal wakîl, ni’mal mawlâ wa ni’man nashîr. Wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘azhîm. Wa Shallallahu ta’âlâ ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga shalawat Allah SWT tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Kuasa, ya Yang Maha Kuasa yang kepada-Nya seluruh makhluk berserah diri, cukuplah segala keburukan makhluk-Mu. Wahai Yang Terbaik, Yang Maha Indah, Yang Maha Pemberi Anugerah, Yang Maha Pemberi Nikmat, Yang Maha Penyayang, tiada Tuhan selain Engkau. Dengan karunia-Mu, wahai Yang Maha Penyayang dari segala Yang Maha Penyayang. Ya Allah, dengan rahasia Hasan dan saudaranya, kakeknya, bapaknya dan ibunya, aku sudah muak dengan keburukan hari ini dan apa yang akan terungkap di dalamnya. Wahai Yang Maha Cukup, Allah Maha Cukup dan Dia Maha Mengetahui lagi Maha Mengetahui. Cukuplah Allah bagi kita, dan Dialah sebaik-baik pelindungnya. Pelindung terbaik dan penolong terbaik. Dan tidak ada daya dan usaha kecuali dengan izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Tinggi. Semoga shalawat Allah SWT tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Doa Rebo Wekasan #2

Di bawah ini adalah doa yang dikutip dari buku tersebut Amalan Sholat Rebo Wekasan Ulin Nuha Mahali dibacakan setelah salat Rebo Wekasan.

اللَّهُمَّ يَا شَدِيدَ itor مِنْ شَرِّ جَمِيعِ Sebelumnya أَنْتَ ارْحَمتِِِْْ يَا أَرْحَم dan الرَّاحِمِينَ

Lihat وَيَا دَافِعَ الْبَلِيَّATِ فَسينِ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكَلِيَّاِ فَسينَ ال ْلَّهُ وَنْمَ الْوَكِيلُ وَِيلُ وَِيلُ وَُولَوُ َّلَّا بِلَّهِ الْعَلِ يمِ

A.O

Allâhumma yâ syadîdal-quwâ wa yâ syadîdal-mihâl yâ ‘azîz yâ man dzallat li ‘izzatika jamî’u khalqika ikfinî min syarri jamî’i khalqika yâ muhsin yâ mujammil yâ mutafadhdil yâ mun’im yâ mukrim irâmâmâ mââââââââââââââââââââââââ Rahmatika yâ Arhamar Râhimîn.

Allâhumma bi sirril-hasan wa akhîhi wa jaddihi wa abîhi wa ummihi wa banîhi ikfinî syarra hâdzâl yaumi wa syarra mâ fîhi yâ kâfî almuhimmât wa yâ dâfi’al balîyât fasayakfîkahumullâhu wa as-‘alîmal wabu” ul wakîl wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘azhîm.

Allâhumma a’simnâ min jahdil balâ’i wa darakis syaqâ’i wa sû’il qadhâ’i wa syamâtatil a’dâ’i wa mautil fuja’ah wa min syarris sâmi wal barâmi wal humma wal barash wal juzâm wal asqâm wa min’ il amrâdh bi rahmatika yâ arhamar râhimîn. Wa Shallallahu ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:
Ya Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Kuasa, ya Yang Maha Kuasa yang kepada-Nya seluruh makhluk berserah diri, cukuplah segala keburukan makhluk-Mu. Wahai Yang Terbaik, Maha Indah, Maha Pemberi Hadiah, Maha Penyayang, Maha Penyayang, yang tidak mempunyai Tuhan selain Engkau, berilah aku rahmat-Mu, Wahai Yang Maha Penyayang dari segala Yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia Hasan, saudaranya, kakeknya, bapaknya, ibunya dan keturunannya, aku sudah muak dengan keburukan hari ini dan keburukan akhirat. Wahai Yang Mencukupkan segala kebutuhan, dan Wahai Yang menghalau segala musibah, maka Allah Maha Pencukup, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Cukuplah Allah bagi kita, dan Dialah sebaik-baik pelindungnya. Dan tidak ada daya dan usaha kecuali dengan izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Tinggi.

Ya Allah lindungi kami dari kesusahan yang berat, dari musibah, dari kesialan, dari ejekan musuh, dari kematian mendadak, dari sam (penyakit berbahaya), baram (radang selaput otak), demam, kusta, kusta dan semuanya. jenis penyakit Dengan karunia-Mu, wahai Yang Maha Penyayang dari segala Yang Maha Penyayang. Semoga shalawat Allah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Doa Rebo Wekasan #3

Edisi lain Doa Rebo Wekasan muncul di buku ini Q&A Keislaman oleh PISS KTB dan Tim Dakwah Pesantren. Untuk mengamalkannya, bacalah sholawat nabi terlebih dahulu lalu lanjutkan membaca sholawat berikut ini.

Naik كَاشِفَ الْغَمِّ! اكشِفْ عَنِّي مَا كُتِبَ عَلَيَّ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَنَةِ مَنَّ هََّ فِي َّكَ عَلَى كُلِّ . Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini ِنَا مُحَمَّدٍ وَعدٍ وَعدٍ وَعهُ َحِى ِهِ وَسَلَّمَ تَسلِيمً

Allâhumma innî as’aluka bi asmâ’ikal husnâ wa bi kalimâtikat-tammât wa bi hurmati nabiyyika Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa âlihi wa sallam an tahfazhani wa an tu’âfiyânî min bā’ika yâ dâ’ial-balrijaal- yâm wam kâsyifal-ghamm . Ikshif ‘annî mâ kutiba ‘alayya fî hâdzihis-sanah min hamm aw ghamm, innaka ‘alâ kulli syai’in qadîr, wa Shallallâhu ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallama taslîmâ.

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan nama baik-Mu dan ucapan-ucapan-Mu yang sempurna, dan dengan kehormatan Nabi-Mu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, lindungilah aku, peliharalah aku dari keburukan-Mu, wahai yang menolak segala keburukan, wahai Dzat yang menghilangkan kesedihan, wahai Dzat yang menghilangkan kesusahan, hilangkan dariku apa yang telah dituliskan kepadaku pada tahun ini baik berupa kesedihan maupun kesusahan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam yang hakiki kepada penguasa kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Doa Rebo Wekasan #4

Dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, kita juga bisa membaca doa menangkal bala di malam Rebo Wekasan berikut ini.

A اخِš الرَّاحِمِيْنَ Berkah Allah المُرْسَلِ equ

Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni’mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃwȃbal, janah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȃm way nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rohimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn.

Artinya : Ya Allah, bukakan bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu keselamatan. gerbang surga. Ya Allah lindungi kami dari segala cobaan dunia dan siksa akhirat. Lindungi kami dari kejahatan dunia dan siksa akhirat dengan kebenaran Al-Qur’an yang agung dan status nabi-Mu yang murah hati. Semoga Allah mengampuni kita dan mereka. Wahai Makhluk Yang Maha Penyayang. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan Yang Maha Mulia segala yang mereka atributkan. Biarlah salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun]halaman 55-56).

Itulah beberapa bacaan doa Rebo Wekasan yang bisa diamalkan umat islam dengan tujuan memohon keselamatan kepada Allah SWT. Saya harap ini bermanfaat!