5 Amalan Maulid Nabi Agar Pahala dan Berkah

5 Amalan Maulid Nabi Agar Pahala dan Berkah

  • September 14, 2024

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. Maulid Nabi tahun ini jatuh pada 16 September 2024.

Peringatan ini merupakan waktu khusus bagi umat Islam untuk memperingati Maulid Nabi dan mengamalkan ajarannya. Di hari yang penuh berkah ini, ada banyak amalan yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala dan mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Berikut 5 amalan yang bisa Anda lakukan di hari Maulid Nabi.

1. Bacaan sholawat Nabi

5 Amalan Maulid Nabi Agar Pahala dan Berkah
ilustrasi bacaan sholawat nabi (Freepik)

Sholawat merupakan wujud pujian dan doa yang kami sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca doa, kita menunjukkan rasa cinta kita kepada Nabi dan juga mendapatkan pahala dari Allah.

Faktanya, Allah sendiri yang memerintahkan umat-Nya untuk berdoa, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berdoa kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, doakanlah dia dan sambutlah dia dengan hormat.” (QS. Al-Ahzab : 56).

2. Perayaan atau keikutsertaan dalam peringatan Maulid

 

Peringatan Maulid biasanya diisi dengan pembacaan kisah hidup Nabi, salat berjamaah dan sholawat. Acara seperti ini merupakan kesempatan untuk mengenal lebih jauh ajaran Nabi Muhammad SAW dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Anda dapat merayakan acara kecil bersama keluarga atau berpartisipasi dalam pertemuan yang diadakan di masjid atau di komunitas setempat.

Baca Juga: Tradisi Uang Ankak Warnai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Probolinggo

3. Puasa sunnah

 

Meski tidak wajib, puasa di Maulid Nabi merupakan salah satu cara menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW sendiri pernah mengungkapkan rasa syukurnya dengan berpuasa pada hari Senin, hari kelahirannya.