Kapan Maulid Nabi Tahun 2024? Berikut doa dan kumpulan doa yang dianjurkan untuk menyambut Maulid Nabi

Kapan Maulid Nabi Tahun 2024? Berikut doa dan kumpulan doa yang dianjurkan untuk menyambut Maulid Nabi

  • September 14, 2024

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam yang selalu diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah. Tahun ini peringatan Maulid Nabi jatuh pada Senin, 16 September 2024. Inilah saat yang tepat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan memperdalam pemahaman ajaran Islam.

Ada berbagai cara untuk merayakan Maulid Nabi, seperti mengadakan lomba keagamaan, tausiyah, pertunjukan nasyid bahkan acara tabligh akbar. Bagi yang tidak sempat merayakannya di masjid, peringatan ini juga bisa dilakukan di rumah dengan membaca doa dan amalan yang dianjurkan.

Selain sebagai momen merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan Maulid Nabi juga menjadi momen yang tepat untuk mempertebal perasaan cinta dan hormat kepada Nabi. Dalam rangkaian perayaan ini, umat Islam diimbau untuk melantunkan doa menyambut Maulid Nabi dan mendaraskan doa sebagai wujud rasa cinta dan hormat kepada Nabi Muhammad SAW.

Doa menyambut hari lahir nabi 2024

A ِ , يَاكَرِيمْ يَاجُوادْ

Allaahumma baarik lanaa fi khootimati syahrina Hadza, wa aqdim ‘alainaa Robi’uul awwali bisholaahil balaadi wal ‘ibaadi wa daf’il balaa-i wal fasaadi watafriiji karbi ummati habibika Muhammad shollallahu ya baaholaiwai was Yahmad shollallahu ‘kalaihiwai.

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami di akhir bulan ini (Safar) dan berikan kami bulan Rabiul Awal dengan kebaikan kepada negara dan orang-orang yang ada di dalamnya. Hilangkan keburukan dan keburukan serta hilangkan kesedihan dan permasalahan yang tersembunyi atau terlihat dari umat Nabi Muhammad SAW, Wahai Yang Mulia dan Dermawan.

Amalan Sholawat Maulid Nabi

Selain salat, amalan lain yang sangat dianjurkan saat Maulid Nabi adalah melantunkan shalawat. Salawat merupakan salah satu bentuk doa atau seruan kepada Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, memohon keselamatan dan kesejahteraannya. Berikut beberapa shalawat yang bisa dibaca di hari Maulid Nabi:

1. Sholawat Al-Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ , الْفَات pertengahan بِالِِِّْ يْ Terkait

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada pula yang membaca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ālihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat, shalawat dan shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang tertutup, penutup apa yang telah berlalu, pembela apa yang hak dan apa yang benar serta petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak-hak keagungan dan kedudukannya.

2. Doa Ummi

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَorousل Sedangkan سَـيِّةدِنَ fixta وَصَحْبِهِ وِسِِِس.

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa Analisa wa shohbihi wasallim.

Artinya: “Ya Allah, kasihanilah junjungan kami Nabi Muhammad SAW, selaku hamba, nabi, dan rasul-Mu yang Ummi (tidak bisa membaca atau menulis) beserta keluarga dan para sahabatnya dengan salam yang benar.”

3. Doa Ibrahimiyah

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمESّ و وَعedit £ وى وى ن uatu secara وى وى ن ن uatu secara وَِِِِِِصوى

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammadin wa’ alaa aali sayidinaa muhammad kamaa shollaiyta ‘alaa sayidina ibraahim wa’ alaa aali sayidina Kepada Sayyidina Ibrahim wa ‘alaa aali Sayyidina Ibrahim fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya : Ya Allah, kasihanilah Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana Engkau telah menyayangi Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim.

Shalawat jugalah kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana kalian telah memberikan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Memang benar, di alam semesta. Engkau sangat terpuji dan mulia.

4. Sholawat Munjiyat

اللَهُمَّ صَلِّ عَلٰي سَيِِدِنَا مُحَمَّدٍ صient ِهَا مِنْ جَعِا ِنْ جَعِاج تُ طَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَم diatas تِ وَتُبَلّغُنَا ب diatas ْمَ الرَّاحِمن

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii’il haajat, watuthohhiruna biha minjamii’is sayyiaat, watar da fa’roja a bi’hala watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii’il khoirooti fil khayaati waba’dal mamaati.

Artinya: Ya Allah, kasihanilah Tuhan kami nabi Muhammad, dengan doa ini Engkau akan menyelamatkan kami dari segala situasi yang menakutkan dan segala cobaan;

dengan doa itu, engkau akan mengabulkan keinginan kami; dengan doa ini, Engkau akan menyucikan kami dari segala kejahatan; dengan doa ini engkau akan mengangkat kami ke jenjang tertinggi. Dengan doa ini, Engkau akan memindahkan kami ke tempat tujuan yang paling sempurna dalam segala kebaikan, dalam hidup dan setelah mati.

5. Sholawat Bani Hasyim

Nikmat Allah َى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Allahumma shalli ‘alán-nabiyil hasyimiyyi Muhammadin wa’alaalihi wa sallim tasliman.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada nabi keturunan Hasyim yang mulia, yaitu Muhammad dan keluarganya, semoga mereka diberi keselamatan dan kesejahteraan.

Dengan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, memperbanyak jumlah shalat dan mengamalkan shalat, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mempertebal rasa cintanya kepada Nabi SAW.