Sholawat nariyah, Bacaan, Manfaat dan Cara Mengamalkannya

  • September 16, 2024

Sholawat nariyah merupakan amalan yang sering dibacakan oleh umat islam. Banyak keutamaan yang terkandung dalam shalat nariyah.

Doa yang terkenal di kalangan umat Islam Indonesia ini diciptakan oleh seseorang bernama As-Sanusy. Namun ada juga pendapat yang menyebut Syekh Nariyah sebagai pencipta Sholawat Nariyah seperti yang dikutip dalam kitab tersebut. Doa-doa populer digubah oleh Suhaidi Ghazali dan Shabri Shaleh Anwar.

Syekh Nariyah konon hidup pada masa Nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang mengabdikan dirinya pada bidang tauhid.

Syekh Nariyah kerap memanjatkan doa kepada Allah SWT memohon keselamatan dan kesejahteraan Nabi Muhammad SAW. Suatu hari, dia membacakan doa yang telah disusunnya sebanyak 444 kali. Setelah membacanya, Syekh Nariyah menerima karamah Allah dan ditegakkannya shalat Nariyah.

Syekh Nariyah kerap mengamati kerja keras Rasulullah SAW dalam menyampaikan wahyu Allah SWT. Oleh karena itu, beliau tidak henti-hentinya mendoakan rasul tersebut.

Suara salat Nariyah

Berikut audio lantunan doa Nariyah yang disarikan dari arsip detik Hikmah.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلَةً كَامِلَةً وَسَلِمْ سَلَامً sarى اْ امً اuai انِ ا ا iden اً ا ا · ا ا agama اً ا ا agama اeja اْ اْ اْ اْ ا ا mengumpulkan َى بِهِ الْحَوَائِجُ, وograceُنَالُ بِهِ الرَّغَائِ entar ْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَ sertaD كُلِّ مَعْلُوْمٍ ل· bers

Arab Latin: “Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman ‘alâ sayyidinaa Muhammad alladzî tanhallu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhâ bihil hawaaiju wa tunâlu bihir raghâ-ibu wa husnul waâmâwaqahil’ waâmâwaqahil’ wa shahbihî fi kulli lamhatin wa respira bi – ‘adadi kulli ma’lûmil laka”

Artinya: “Ya Allah, karuniakanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang melalui perantaraannya dapat menghilangkan segala kesusahan atau belenggu, menghilangkan segala kesulitan, menimbulkan segala hawa nafsu, mencapai husnul khatimah dan mengabulkan segala keinginan, turunlah hujan.” dari awan puji syukur kepada Yang Mulia dan juga keluarga serta sahabat-sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan nafas, sebanyak-banyaknya ilmu yang engkau miliki.”

Manfaat Mengamalkan Sholawat Nariyah

mengutip buku Keajaiban Sholawat Diterbitkan Qultum Media, ada sejumlah manfaat yang terkandung dalam amalan shalat nariyah. sesuatu Diskusi berikut ini.

1. Permintaan diterima

Syekh Al Qurthuby menjelaskan, jika seseorang membacakan doa nariyah sebanyak 4.444 kali dalam satu majelis atau satu sidang, niscaya Allah SWT akan mengabulkan keinginannya dan membebaskannya dari musibah yang membahayakan.

2. Memudahkan peruntungan anda

Jika umat Islam melantunkan Sholawat Nariyah sebagai Wiridan setelah shalat Fardhu sebanyak 11 waktu, Insya Allah rezekinya tidak akan habis.

3. Meringankan permasalahan dan kesedihan

Sholawat nariyah bisa menjadi salah satu bacaan yang diamalkan untuk menghadapi permasalahan berat. Oleh karena itu, doa ini juga dapat membantu untuk mempermudah dan menemukan solusi suatu masalah.

4. Terlindung dari bahaya dan penyakit

Dengan membaca doa nariyah setelah melaksanakan shalat Subuh dan Maghrib sebanyak 21 waktu, tentu Allah SWT akan menyelamatkan seseorang dari segala macam bahaya dan penyakit.

Cara mengamalkan Sholawat Nariyah

Merujuk pada sumber yang sama, berikut beberapa cara yang bisa ditiru umat Islam saat menunaikan shalat nariyah:

  • Dengan membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali sehari, Anda dapat membantu menyalurkan rezeki Anda.
  • Jika seseorang mempunyai keinginan atau keinginan tertentu, membaca sholawat nariyah sebanyak 100 kali sehari dapat membantu mewujudkan keinginan tersebut.
  • Sholawat nariyah dapat diucapkan secara rutin setelah shalat fardhu, baik 11 kali, 41 kali, atau 100 kali, sesuai dengan kemampuan kita.
  • Bagi yang mempunyai keinginan besar dan ingin meraih kesuksesan gemilang, dianjurkan membaca doa nariyah sebanyak 4444 kali kemudian memohon agar keinginannya terkabul. Dengan demikian, upaya tersebut diyakini akan berhasil

Demikianlah pembahasan mengenai Sholat Nariyah. Jangan lupa untuk mempraktikkannya!