Sholawat Busyro Arab, Latin, Arti dan Kelebihannya

Sholawat Busyro Arab, Latin, Arti dan Kelebihannya

  • June 25, 2024

Sholawat merupakan doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wujud ibadah kepada Allah SWT. Umat ​​Islam yang membaca selawat niscaya akan mendapat pahala dan keberkahan.

Ada beberapa jenis Sholawat, salah satu yang cukup terkenal adalah selawat busyro. Shalawat ini sering dilantunkan dalam musik religi seperti qasidah dan hadroh. Sholawat busyro juga sering dibacakan pada acara pengajian.

Anjuran membaca selawat telah dijelaskan dalam surat Al-Qur’an Al-Ahzab ayat 56. Dalam ayat ini Allah SWT berfirman:

Sholawat Busyro Arab, Latin, Arti dan Kelebihannya

Innallah wa mala`ikatahu yusalluna ‘alan-nabiyy, ja ayyuhallazina amanu sallu ‘alaihi wa sallimu taslima

 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mendoakan Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, doakanlah Nabi dan ucapkan salam hormat kepadanya.”

Prioritas Selawat Busyro

Menurut laman NU Online, Selawat Busyro diberikan ijazah langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharun melalui mimpi. Dalam mimpi tersebut Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dianjurkan membaca doa ini sebanyak 41 kali setiap selesai sholat subuh.

Seorang muslim yang membaca doa busyro dengan istiqamah akan mendapat ridho Allah SWT. Mereka juga diberi kebahagiaan, dilancarkan urusannya, dan terkabullah segala keinginan dan niat baik lainnya.

Bacaan Salawat karya Busyro

Bacaan Selawat Busyro Bahasa Arab dan Latin serta Artinya adalah sebagai berikut:

Bacaan Sholawat Busyro : Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Allahumma shali wa sallim ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin shaahibil busyraa shalaatan tubasysyiruna bihaa wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii’a masyaayikhinaa wa mu’alliminaa wa thalabatanaa wa thaalibaatinaa min yawminaa haadzaa a ilahia

 

Artinya: “Ya Allah semoga rahmat dan keselamatan senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW pemilik kabar baik yang telah memberikan kabar baik kepada keluarga kami, anak-anak kami, guru-guru kami, kepada para pengajar kami dan kepada para murid kami mulai hari ini. menuju akhirat.”

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

(SELATAN)